Final part, Dorm Sport and Fun Games Tahun Akademik 2016/2017

Final part, Dorm Sport and Fun Games Tahun Akademik 2016/2017

Tak terasa, kegiatan Dorm Sport and Fun Games ini menjadi kegiatan olahraga terakhir Asrama Tahun Akademik 2016/2017. Dorm Sport and Fun Games Final Part telah selesai dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2017 pukul 07.00 Р13.45 WIB yang bertempat di Area Parkir Gedung Kuliah Umum (GKU).

Kegiatan yang digadang sebagai kegiatan khas asrama ini yang menggabungkan antara olahraga yang dimodifikasi dan permainan ini telah dilaksanakan sebanyak 3x pelaksanaan. Pada Dorm Sport and Fun Games Final Part ini seperti biasa diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan permainan estafet kelereng, memasukkan pensil dalam botol dan futsal dangdut. Permainan dilaksanakan secara tim yang mewakili tiap-tiap gedung asrama baik putra maupun putri.

Permainan estafet kelereng adalah permainan balap kelereng yang dimodifikasi dengan lari estafet. Aturan permainannya adalah masing-masing mengirimkan delegasi sebanyak 4-5 orang untuk mengikuti permainan ini. Satu kali permainan akan diikuti oleh tim dengan jumlah delegasi peserta yang sama. Tiap-tiap delegasi tim menempati tempat yang sudah diatur oleh panitia jaraknya antara delegasi pertama hingga terakhir pada masing-masing tim. Orang pertama bertugas membawa kelereng menggunakan sendok yang digigit menuju ke orang kedua tanpa terjatuh, jika terjatuh maka akan diulangi lagi dari titik start. Setelah mendekati titik orang kedua maka orang pertama dan kedua diharuskan memindahkan kelereng dari sendok orang pertama ke orang kedua tanpa terjatuh dan tanpa menggunakan tangan. Begitu seterusnya hingga orang terakhir. Tim yang berhasil meng-estafet-kan kelereng dari orang pertama hingga orang terakhir secara berurutan dengan waktu paling cepat maka dinyatakan sebagai juara.

Permainan yang kedua adalah memasukkan pensil dalam botol, permainan ini merupakan salah satu model permainan yang sering dimainkan dalam event perayaan semarak Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. Namun ada sedikit modifikasi dari permainan yang biasa dimainkan secara individu ini diubah menjadi permainan secara kelompok yaitu dengan jumlah delegasi per tim adalah 4 orang. Masing-masing orang akan diikatkan seutas tali rafia pada pinggangnya dan dari masing-masing utas tali yang sudah diikatkan disatukan untuk mengikat sebuah pensil yang diposisikan di tengah lingkaran anggota tim yang saling membelakangi satu sama lain. Kemudian secara bersamaan masing-masing anggota harus membuat pensil tersebut terangkat dengan cara maju secukupnya hingga ikatan tali menegang. Kemudian proses memasukkan pensil ke dalam botol dimulai dan tim yang paling cepat memasukkan pensil ke dalam botol maka dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan terakhir adalah futsal dangdut, permainan ini modifikasi olahraga futsal dengan musik dangdut. Secara aturan sama dengan aturan futsal namun ditambah aturan yaitu ketika ada lagu dangdut yang telah ditentukan panitia diperdengarkan maka seluruh pemain yang ada di lapangan harus menghentikan permainan dan bergoyang. Namun penilaian tetap berdasarkan gol terbanyak yang dapat diraih oleh tiap-tiap tim, tim yang paling banyak meraih gol maka dinyatakan sebagai pemenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *