Telkom University menerapkan adanya program 1 (satu) tahun tinggal di asrama bagi mahasiswa baru tentunya bukan kebijakan yang tanpa persiapan dan semangat untuk terus meningkatkan kualitas dari program tersebut. Salah satu komponen dalam pelaksanaan program ini adalah Senior Residents.

Senior Residents adalah sekumpulan mahasiswa terbaik yang telah diseleksi dan dipilih melalui tahapan seleksi yang cukup bersaing. Calon peserta seleksi harus melalui beberapa tahapan seleksi seperti tahap administrasi, tahap wawancara, tahap uji fisik dan tahap uji kelayakan. Untuk dapat mengikuti seleksi ini calon pendafatar harus mampu melalui tahap administrasi terlebih dahulu dengan beberapa syarat seperti Indeks Prestasi (IPK/IPS) yang lebih dari cukup, riwayat pengalaman organisasi, dll. Maka tidak salah jika Senior Residents terdiri dari orang-orang yang berkompeten untuk menjalankan tugas dan amanah dari kampus dengan baik.

Mengapa harus Senior Residents? karena Telkom University menginginkan adanya komunikasi yang terjalin antar mahasiswa (Senior Residents dengan Penghuni Asrama) secara luwes dan akrab sehingga Senior Residents dapat menjadi perantara antara penghuni dengan kampus. Selain itu, Senior Residents juga merupakan kakak angkatan dari penghuni yang diharapkan terjadi kedekatan secara baik antara adik-kakak.

Kenapa perlu jadi Senior Residents? karena menjadi Senior Residents bukan hanya kebanggaan namun juga kesempatan untuk dapat menempa diri dan meningkatkan kompetensi diri dengan baik. Senior Residents memiliki kesempatan untuk dapat berkomunikasi dengan 376 orang yang berbeda karakter, watak, agama dan kebiasaan. Hal ini dapat menjadikan diri semakin terbuka untuk menerima dan melihat perbedaan diantara masyarakat. Senior Residents juga memiliki kesempatan untuk dapat menyelesaikan, mengkoordinasi dan belajar menyelesaikan konflik-konflik kecil yang mungkin terjadi di masyarakat nantinya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Senior Residents adalah wadah bagi pribadi yang ingin meningkatkan kompetensi diri secara “learning by doing”  dan merupakan tempaan diri yang tidak kalah dengan dengan organisasi lain.

Senior Residents Telkom University telah dibentuk sejak tahun 2013 atau satu tahun pasca ditetapkannya program asrama ini. Tujuan dibentuknya Senior Residents adalah memberikan perantara bagi penghuni asrama untuk menyampaikan saran, keluh kesah hingga pendamping selama mengalami masa transisi dari Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) ke Perguruan Tinggi. Senior Residents bertugas untuk melakukan pendampingan dan menjadi fasilitator bagi Penghuni Asrama Telkom University yang mengalami kendala atau suatu hal lainnya.

Tahun 2013 (Senior Residents Angkatan ke-I), awal dibentuknya Senior Residents dengan hasil penunjukkan sebanyak 34 orang sebagai Senior Residents ke-I. Hasil penunjukkan karena pada tahun ini calon Senior Residents yang telah mengajukan diri ditunjuk oleh PT. Citra Sukapura Megah (CSM) selaku pengelola pada tahun ini.

Tahun 2014 (Senior Residents Angkatan ke-II), menjadi tahun kedua pelaksanaan program Senior Residents. Pelaksanaan rekruitas telah ditata ulang dengan menggunakan seleksi tahap administrasi saja. Para calon peserta seleksi diharuskan mengumpulkan sejumlah berkas seperti transkrip nilai, riwayat organisasi/kepanitiaan, riwayat ikut kompetisi, dll. Setelah seluruh berkas dikumpulkan maka dilaksanakan seleksi berdasarkan penilaian dari berkas yang telah dikumpulkan. Hasilnya, hasil seleksi administrasi memutuskan meloloskan 96 orang sebagai Senior Residents Angkatan ke-II. Seleksi pada tahun ini dikelola oleh tim dari Pembinaan dan Pengawasan Asrama.

Tahun 2015 (Senior Residents Angkatan ke-III), sebanyak 221 orang mengikuti seleksi Senior Residents Angkatan ke-III. Tahapan seleksi yang ditetapkan adalah tahap administrasi dan tahap wawancara. Tahap administrasi tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya sedangkan tahap wawancara merupakan tahap baru yang ditambahkan pada seleksi ini yang mengharuskan peserta untuk bertatap muka dan komunikasi langsung dengan tim seleksi dari Direktorat Kemahasiswaan. Berdasarkan hasil seleksi maka terpilih 80 orang yang ditetapkan sebagai Senior Residents Anggkatan ke-III.

Tahun 2016 (Senior Residents Angkatan ke-IV), pelaksanaan seleksi Senior Residents ke-IV mengalami penambahan pada tahapannya. Tahap seleksi tahun ini adalah tahap administrasi, tahap wawancara, tahap uji fisik dan uji kelayakan. Penambahan tahap uji fisik dan uji kelayakan didasarkan pada kebutuhan tim seleksi untuk mengetahui lebih detail personality and capability dari masing-masing peserta seleksi. Setelah melalui tahapan seleksi tersebut maka sebanyak 80 orang ditetapkan sebagai Senior Residents Angkatan ke-IV. Pada tahun ini juga terjadi seleksi tambahan (part 2) dengan kebutuhan 8 orang untuk mengisi posisi Senior Residents di dua gedung yang baru saja selesai dibangun. Sehingga Senior Residents Angkatan ke-IV menjadi 88 orang.

Senior Residents Angkatan ke-IV meninggalkan banyak karya dan merupakan perintis dari kegiatan Framework ASAS (Adaptif, Spiritual, Akademis dan Sosial) di asrama yang merupakan dasar pengembangan karakter dan softskill bagi penghuni asrama. Selain itu, Senior Residents Angkatan ke-IV berhasil melaksanakan kegiatan puncak apresiasi terbesar bagi penghuni asrama yang menjuarai kompetisi di asrama, acara ini bertajuk Dorm Award.

Tahun 2017 (Senior Residents Angkatan ke-V), regenerasi Senior Residents terus berlanjut dan tak terasa sudah memasuki tahun ke-5 atau lustrum pertama. Senior Residents Angkatan ke-V telah terbentuk dengan menyisihkan 88 orang dari 180 peserta yang mengikuti seleksi. Tahun ini menjadi tahun yang membanggakan sekaligus tantangan bagi Senior Residents untuk meneruskan perjuangan Senior Residents sebelumnya sekaligus menciptakan karya baru untuk menjadikan Asrama Telkom University menjadi asrama terbaik di Indonesia tahun 2018.

Senior Residents Angkatan ke-VI … persiapkan dirimu untuk bergabung dengan para pencetak karakter dan sejarah Asrama Telkom University …