Asrama Universitas Telkom sebagai salah satu pilar pengelolaan mahasiswa dalam pembentukan softskill dan karakter mahasiswa Universitas Telkom sehingga memiliki peran penting untuk mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu, Asrama Universitas Telkom membentuk sebuah program yang ditujukan kepada mahasiswa baru yang tinggal di asrama selama satu tahun pertama yang disebut sebagai Softskill Development Program atau lebih mudah disebut Framework “ASAS”.
Apa itu Framework “ASAS”? Framework “ASAS” adalah sebuah skema pembinaan softskill dan karakter yang ada di asrama dengan menjadikan empat bidang besar yaitu Adaptif, Spiritual, Akademik dan Sosial. Bidang-bidang tersebut menjadi fokus dalam membuat kegiatan dan memetakan kompetensi penghuni asrama sehingga lebih terarah. Tiap-tiap bidang memiliki kategori kegiatan yang sama yaitu kegiatan kompetisi dan kebersamaan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi wadah penghuni asrama untuk berlatih dan belajar dalam mengeksplor kemampuan diri serta mematangkan karakter masing-masing.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari Framework “ASAS” tersebut adalah sebagai berikut.
- Melalui bidang Adaptif, penghuni dapat belajar dan melatih diri untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan yang baru.
- Melalui bidang Spiritual, penghuni dapat belajar dan memahami keyakinan serta agama mereka masing-masing.
- Melalui bidang Akademis, penghuni dapat belajar dan meningkatkan kemampuan akademis di perguruan tinggi.
- Melalui bidang Sosial, penghuni dapat belajar dan membangun kepedulian mereka terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.
Selain tujuan yang tercantum diatas, melalui program Framework “ASAS” ini penghuni akan diajak untuk dapat belajar dan memperkuat karakter kepemimpinan, kerjasama, gotong royong, kompetisi, toleransi, pantang menyerah, dll yang selalu disisipkan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di program ini. Harapannya selama penghuni mengikuti seluruh kegiatan yang telah dirancang sedemikian rupa ini nantinya mereka akan menjadi mahasiswa yang berkarakter dan siap untuk melanjutkan perjuangan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka harapkan.
Berikut ini adalah roadmap dari Framework “ASAS”.
Dalam roadmap tersebut, tergambarkan bahwa stakeholder dari program ini bukanlah Universitas Telkom semata namun juga melibatkan seluruh aspek yang ada di Universitas Telkom. Khususnya aspek mahasiswa yang diharapkan mereka merasa memiliki program ini dan memacu mereka untuk dapat mengkreasikan kegiatan seunik dan semenarik mungkin dengan tetap menjaga kegiatan tersebut beriringan dengan tujuan yang diharapkan oleh Universitas Telkom.
Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang ada di tiap-tiap bidang Framework “ASAS”.
Seluruh aktifitas yang diikuti oleh penghuni asrama memiliki bobot poin masing-masing yang akan diakumulasikan pada akhir tinggal di asrama dan selanjutnya dikonversikan menjadi poin Transkrip Aktifitas Kemahasiswaan (TAK) dengan jumlah maksimal 30 poin. Poin tambahan akan diberikan jika penghuni asrama aktif sebagai pengurus asrama (Dorm Team), menjadi juara kompetisi antar gedung asrama atau mengikuti kegiatan asrama non-framework yang diadakan oleh Direktorat Pengelolaan Mahasiswa.