[On Report] Welcoming Party : “We Are Dormitizen”

[On Report] Welcoming Party : “We Are Dormitizen”

[Reporter] Yullia Sartika Putri Pratiwi || S1 Teknik Telekomunikasi || IG : @ypp25_

Setahun merupakan waktu yang panjang bagi seseorang untuk dilewati. Selama itu pula waktu yang akan dilalui oleh mahasiswa baru untuk tinggal di Asrama Telkom University atau biasa disebut Telkom Dormitory. Banyak cerita yang akan terbentuk didalamnya entah itu tawa, canda, amarah, atau bahkan haru. Cerita pertama yang sudah terbentuk adalah Welcoming Party. Disinilah keseruan kegiatan pertama dari sekian banyak kegiatan yang akan dilaksanakan di Telkom Dormitory yang merupakan rangkaian kegiatan Framework ASAS sebagai program pendidikan karakter mahasiswa di Telkom Dormitory. Dalam rangkaian acara ini, ada banyak canda tawa yang terbentuk dari Penghuni Telkom Dormitory.

Welcoming Party diadakan sebagai ungkapan selamat datang kepada mahasiswa baru yang akan menjalani kehidupan asrama selama setahun. Disinilah adik-adik mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal asrama dan orang-orang yang ada didalamnya. Pada acara Welcoming Party, kita dikenalkan dengan personil Senior Residents di masing-masing gedung, personil Helpdesk, Security, Cleaning Service (CS), bahkan pengelola gedung asrama masing masing. Dengan harapan, nantinya kita akan lebih mengenal dan tidak sungkan lagi untuk meminta pertolongan jika membutuhkan. Setelah mengenal orang-orang yang ada di Asrama, kita diajak untuk lebih mengenal aturan apa saja yang ada di Asrama. Selain itu, kita juga diberikan sosialisasi tentang rangkaian kegiatan Framework ASAS di Asrama seperti Dorm Pattimura Ranger, Dorm Saving Trash, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi pengembangan karakter kita masing-masing sebagai salah satu tujuan dari Telkom Dormitory.

Tidak hanya acara pengenalan asrama dan komponen-komponennya saja, diacara Welcoming Party pun ada hiburan yang dipersembahkan langsung oleh para penghuni asrama yang memiliki talenta khusus sehingga membuat kegiatan meriah dan sangat menghibur. Ada beragam penampilan yang disajikan, mulai dari bernyanyi, memainkan alat musik, hingga dance korea pun ditampilkan. Selain menjadi hiburan bagi kami yang datang pada acara Welcoming Party, penampilan tersebut menjadi ajang penyaluran bakat bagi penghuni asrama yang nantinya diharapkan dapat lebih dikembangkan dan menorehkan prestasi di masing-masing bidangnya.

Salah satu momen paling berkesan dan sakral dalam Welcoming Party adalah momen pelantikan dan ikrar dari para personil Dorm Team yang berhasil dipilih oleh seluruh penghuni asrama di masing-masing gedung. Dorm Team merupakan organisasi kecil yang ada di Asrama sebagai media bagi penghuni asrama untuk belajar tentang cara berorganisasi, mengembangkan jiwa kepemimpinan (leadership) yang mereka miliki hingga memperoleh pengalaman dalam mengelola atau mengordinir hingga ratusan mahasiswa selama 6 (enam) bulan lamanya. Sebelum dilaksanakan ikrar dan pelantikan, kami dari masing-masing gedung mengadakan perekrutan, seleksi, dan sebagai kegiatan puncak yaitu pemilihan ketua Dorm Team dengan sistem voting bersama seluruh penghuni gedung yang datang pada acara Welcoming Party. Setelah pelaksanaan voting pemilihan Ketua Dorm Team, maka diadakan pengumuman bagi penghuni asrama yang lolos menjadi bagian dari Dorm Team sekaligus Ketua Dorm Team yang definitif. Momen sakral dan yang paling tidak terlupakan pada acara Welcoming Party malam itu adalah saat seluruh Anggota Dorm Team mengucapkan ikrar mereka sebagai Dorm Team dihadapan seluruh penghuni gedung.

Dalam acara Welcoming Party tersebut banyak yang mulai saling mengenal satu sama lain, memulai pertemanan, bahkan menemukan partner begadang. Namun yang terpenting adalah kebersamaan yang didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *