Students Activity Unit/Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu komponen pendukung program asrama dari proses penerimaan mahasiswa baru di asrama hingga pelaksanaan program framework “ASAS” asrama. Seluruh pelaksanaan kegiatan dikoordinasikan oleh Direktorat Kemahasiswaan Telkom University.

Peran UKM menjadi salah satu upaya sinergitas yang dilakukan oleh Telkom University untuk melibatkan seluruh civitas akademika berperan dalam pembentukan karakter dan softskill di asrama. UKM membantu menjadi pengisi acara pada pelaksanaan checkin asrama sekaligus ajang mereka untuk promosi organisasi dan kegiatan-kegiatan mereka. Selain itu, beberapa UKM juga diminta langsung oleh Direktorat Kemahasiswaan untuk membantu menyelenggarakan kegiatan framework seperti framework spiritual. UKM bidang kerohanian diminta langsung untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan framework spiritual untuk penghuni asrama. Harapannya tidak hanya di bidang kerohanian saja tetapi bisa ke bidang lain demi membentuk karakter mahasiswa yang lebih baik.

Selain itu, UKM juga menjadi media penghuni asrama untuk mengenali atau mendalami hobi dan potensi mereka karena di dalam UKM mereka akan memperoleh pengalaman yang berguna bagi mereka kelak. Penghuni Asrama di tahun pertama difokuskan pada pengenalan terhadap UKM sedangkan masa pendalamannya dilakukan pada tahun kedua.